UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF DI TK AISYIYAH JETIS WONOREJO POLOKARTO SUKOHARJO

WINARSIH , ENI BUDI (2010) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF DI TK AISYIYAH JETIS WONOREJO POLOKARTO SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_DEPAN.pdf

Download (818kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan proses penerapan metode permainan konstruktif dengan lego untuk meningkatkan kreativitas anak, dengan mengidentifikasi peningkatan kreativitas anak yang meliputi rasa ingin tahu anak, kemampuan imajinasi anak, dan rasa percaya diri anak. Objek penelitian ini adalah penerapan metode permainan konstruktif dengan lego untuk meningkatkan kreativitas anak. Sumber dari penelitian ini diperoleh dari anak didik kelompok B TK Aisyiyah Jetis Wonorejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan konstruktif mampu meningkatkan kreativitas anak. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil evaluasi terhadap profil kelas sebelum dan sesudah penelitian serta tanggapan dari anak didik setelah tindakan kelas selesai kreativitas anak didik dalam hal rasa ingin tahu anak dalam aspek yang diamati aktif dan giat bertanya dari 27,7% meningkat menjadi 88,8%. Kreativitas anak dalam hal kemampuan imajianasi anak dalam aspek yang diamati mampu/dapat membuat berbagai bentuk dengan lego dari 16,6% meningkat menjadi 77,7%. Dan kemampuan rasa percaya diri anak dalam aspek yang diamati menunjukkan dan menceritakan mainan yang dibuatnya dengan lego dari 22,2% meningkat menjadi 88,8%. Pembelajaran ini mendapat respon yang positif dari anak didik karena pembelajaran lebih inovatif dan bermakna.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Permainan Konstruktif, Kreativitas Anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 08:31
Last Modified: 28 Apr 2011 08:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11932

Actions (login required)

View Item View Item