WULANDARI , RETNO (2011) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK KEMALA BHAYANGKARI DESA BATAN KECAMATAN BANYUDONO KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (87kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB__1.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB__2.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB__3.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB__4.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB__5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan sekolah terhadap perkembangan sosial emosional anak di TK Kemala Bhayangkari. Subyek penelitian ini adalah anak -anak TK Kemala Bhayangkari, sedangkan peneliti sebagai pengamat yang dibantu oleh guru dan kepala sekolah menjadi mitra penelitian. Metodologi penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode data analisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dikembangkan selama proses pembelajaran baik dalam pengumpulan data, reduksi data, sampai pada penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian disimpulkan bahwa lingkungan sekolah dapat mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak melalui kegiatan bermain kelompok dan menggunakan media lingkungan sekolah yang ada. Pembelajaran yang dilak sanakan dengan bimbingan dan arahan guru dapat berjalan dengan baik. Namun terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak yaitu keluarga , kematangan fisik, status ekonomi, pendidikan dan kapasitas mental . Keterkaitan itu misalnya dalam keluarga merupakan proses pendidikan yang bertujuan mengembangkan kepribadian anak atau bagaimana cara bersosialisasi dengan orang lain. Untuk dapat ersosialisasi dibutuhkan kematangan fisik dan psikis, sedangkan status ekonomi menentukan perilaku anak dan orang orang yang menjadi obyek dalam bersosialisasi . Pendidikan sebagai tempat proses sosialisasi yang terarah dan yang terakhir adalah kapasitas mental seperti kemampuan belajar, memecahkan masalah, intelek tinggi akan berkemampuan berbahasa dengan baik. Oleh karena itu jika perkembangan ketiganya seimbang maka akan sangat menentukan keberhasilan perkembangan sosial emosional anak
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A520/2011-011 |
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Sekolah, Perkembangan Sosial Emosional, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 28 Apr 2011 05:34 |
Last Modified: | 04 May 2011 05:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11925 |
Actions (login required)
View Item |