Jayanti, Sri (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SISWA KELAS VIII B MTsN GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.Halaman_depan.pdf Download (235kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.Bab_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
4.Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab III)
5.Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab V)
7.Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.Daftar_Pustaka.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar biologi pokok bahasan Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia melalui strategi pembelajaran Index Card Match siswa kelas VIII B MTsN Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (aspek kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran biologi berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dengan kolaborator. Strategi pembelajaran Index Card Match pada siklus I dengan melakukan post test, rata-rata hasil belajar sebesar 5,90 atau meningkat sebesar 0,94 dari nilai awal (4,96) dengan Standar Deviasi sebesar 1,67, sedangkan untuk rata-rata hasil belajar aspek afektif sebesar 16,41 termasuk dalam kategori kurang berminat. Pembelajaran tindakan kelas siklus II dengan penerapan strategi pembelajaran Index Card Match berjalan baik dibandingkan dengan pembelajaran pada siklus I. Hal ini dapat ditunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada aspek kognitif menunjukkan adanya peningkatan yaitu menjadi sebesar 7,40 atau meningkat sebesar 1,50 dari siklus I dengan Standar Deviasi sebesar 1,38 sedangkan untuk aspek afektifnya meningkat menjadi 21,39 termasuk dalam kategori berminat. Dari hasil belajar siswa kelas VIII B MTsN Gondangrejo Karanganyar dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match baik dalam aspek kognitif (5,90 < 7,40) maupun afektif (16,41 < 21,39). Indikator pencapaian lain adalah tercapainya dan terlampa uinya Kriteri Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari 75% dari jumlah siswa, deng an KKM lebih dari 61 seperti yang distandarkan. Hal ini membuktikan terjadi peningkatan hasil belajar biologi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Index Card Match, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 27 Apr 2011 08:27 |
Last Modified: | 27 Apr 2011 08:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11907 |
Actions (login required)
View Item |