PENGARUH STATUS ANAK DAN PARTISIPASINYA DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

WAHYUTI , SRI (2011) PENGARUH STATUS ANAK DAN PARTISIPASINYA DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HAMALAN_DEPAN.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh status anak terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura 2) Pengaruh partisipasi siswa dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura 3) Pengaruh status anak dan partisipasi siswa dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karatasura. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Kartasura. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 177. Sampel diambil sebanyak 44 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Status anak pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,018 > 2,020 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004. 2) Partisipasi siswa dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,662 > 2,020 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Status anak dan partisipasi siswa dalam interaksi edukatif secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kartasura. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 15,339 > 3,226 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel status anak memberikan sumbangan efektif 18,2%. Variabel partisipasi siswa dalam interaksi edukatif memberikan sumbangan efektif 24,6%. Dengan demikian nampak bahwa variabel partisipasi siswa dalam interaksi edukatif memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel status anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: status anak, partisipasi siswa dalam interaksi edukatif dan prestasi belajar ekonomi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2011 04:02
Last Modified: 27 Apr 2011 04:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11898

Actions (login required)

View Item View Item