PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN MELALUI METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN MOJOSONGO VI KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2010

HASTUTI , DEWI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN MELALUI METODE JARIMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN MOJOSONGO VI KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_sd._DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam berhitung khususnya tentang penjumlahan, (2) untuk mengetahui prosentase hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Mojosongo VI khususnya tentang penjumlahan. Penelitian ini menggunakan model siklus sedangkan subjek penelitian antara lain: (1) subjek pelaksana tindakan, yaitu peneliti sebagai pengajar yang mengimplementasikan pembelajaran matematika melalui metode jarimatika beserta observer, (2) subjek penerima tindakan, yaitu siswa kelas II SDN Mojosongo VI Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran matematika pada siklus I dengan indikator: (1) melakukan metode jarimatika dalam penjumlahan dua bilangan, (2) mempraktekkan di depan kelas metode jarimatika dalam penjumlahan dua bilangan, (3) menjumlahkan dua bilangan melalui metode jarimatika, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata 73,82 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai memenuhi KKM 70,59 %. Sedangkan pada siklus II dengan indikator: (1) melakukan metode jarimatika dalam penjumlahan dua bilangan, (2) mempraktekkan di depan kelas metode jarimatika dalam penjumlahan dua bilangan, (3) menjumlahkan dua bilangan melalui metode jarimatika, menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata 80,29 dengan prosentase siswa yang memperoleh nilai memenuhi KKM 82,36 %. Dari keseluruhan siklus yang dilakukan, dengan menggunakan metode jarimatika dapat disimpulkan bahwa, guru telah mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Mojosongo VI Kecamatan Jebres Kota Surakarta tahun 2010.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-011
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung, jarimatika, matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2011 03:42
Last Modified: 04 May 2011 03:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11896

Actions (login required)

View Item View Item