MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SD NEGERI 1 JIMBUNG KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

JULAEHA , SITI (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS VI SD NEGERI 1 JIMBUNG KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._COVER_DAN_BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Keseluruhan)
1._SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)

Abstract

Kemampuan menulis karangan tidak diperoleh secara alamiah, tetapi melalui proses dan rajin berlatih. Oleh karena itu, perlu digunakan suatu pendekatan yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil prestasi siswa salah satunya yaitu dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari empat tahap,yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus dihentikan jika ketuntasan belajar 85% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah 45 siswa kelas VI SD Negeri 1 Jimbung Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, paparan data dan manarik kesimpulan atau ferifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal, hal tersebut diketahui dari nilai rata- rata 61,24 pada prasiklus menjadi 65,8 pada tindakan siklus I, sedangkan peningkatan rata –rata dari siklus I ke siklus II meningkat dari 65,8 menjadi 70,4 sedangkan rata – rata dari siklus II ke siklus III meningkat dari 70,4 menjadi 75,7. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri 1 Jimbung Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pokok bahasan menulis karangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A510/2011-56
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Keterampilan Proses, Bahasa Indonesia, Menulis Karangan, Meningkat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 10:03
Last Modified: 02 Jul 2012 08:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11887

Actions (login required)

View Item View Item