PURWANDANI , NOVI HARGYASTUTIK (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DENGAN PENERAPAN MEDIA KARTU PUZZLE PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 02 MACANAN KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_lembar_persetujuan.pdf Download (190kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_daftar_pustaka.pdf Download (162kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (825kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 02 Macanan Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sistem pencernaan makanan melalui penerapan media kartu puzzle. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yang ditunjang dengan prosentase klasikal. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 18 siswa yang terdiri 9 anak laki – laki dan 9 anak perempuan Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut; pada tindakan observasi diperoleh hasil 22,22 % untuk ketuntasan klasikal. Sedangkan ketuntasan secara individu 50,27. Pada tindakan tiap siklus mengalami peningkatan yang cukup baik. Siklus pertama ketuntasan belajar siswa secara klasikal 33,33 %, sedangkan secara individu meningkat menjadi 60,83. Pada siklus kedua ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 66,66 % dan ketuntasan secara individu meningkat 75,28. Pada siklus ketiga peningkatan hasil belajar siswa meningkat cukup signifikan dengan rata – rata klasikal mencapai 83,33 % dan secara individu 81,67. Dari hasil pengamatan keaktifan siswa selama mengikuti pembelajaran dengan penerapan media kartu puzzle mengalami peningkatan belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu puzzle dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas V SD Negeri 02 Macanan Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar pada pokok bahasan sistem pencernaan makanan pada manusia. Meskipun ada beberapa siswa yang belum tuntas secara klasikal dan secara individual, namun hasil penelitian lebih dari 75 % siswa tuntas dalam belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media kartu puzzle, Hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 26 Apr 2011 09:23 |
Last Modified: | 26 Apr 2011 09:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11876 |
Actions (login required)
View Item |