HANDAYANI, ESTU (2011) METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SURUHKALANG KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (39kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Suruhkalang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap tindakan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Suruhkalang. Jenis data berupa hasil pengamatan terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif yang berupa prestasi belajar Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai siswa kelas V SD Negeri 01 Surukalang selalu mengalami peningkatan dari satu siklus ke siklus berikutnya, yaitu 6,898 pada pra siklus menjadi 7,327 pada siklus I, 7,659 pada siklus II dan 8,073 pada siklus III. Hal itu mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jadi sesuai keseluruhan siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap materi pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam setiap siklus selalu membawa dampak yang positif ke arah peningkatan prestasi belajar siswa. Selain itu dengan penerapan metode role playing membuat suasana kelas menjadi kondusif, siswa menjadi tertarik, aktif dan tidak ada kejenuhan. Terkait dengan prestasi tersebut, disampaikan saran diharapkan guru melatih dan membiasakan siswanya menggunakan sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Guru harus mau dan mampu mengkonsultasikan dengan pihak lain jika ada kesulitan untuk berlangsungnya proses pembelajaran
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Metode Role Playing |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 26 Apr 2011 09:02 |
Last Modified: | 26 Apr 2011 09:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11870 |
Actions (login required)
View Item |