UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MEDIA MODEL BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 KUTO TAHUN 2010/2011

Remanto , Sri (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SIFAT BANGUN DATAR MELALUI MEDIA MODEL BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 KUTO TAHUN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
HALAMAN_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika tentang konsep sifat bangun datar dengan menggunakan media model bangun datar pada siswa kelas IV SDN 04 Kuto. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 04 Kuto kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I dari 16 siswa terdapat 12 siswa yang belum mencapai tuntas, sedangkan siklus II berkurang tinggal 9 siswa yang belum mencapai taraf tuntas. Keadaan ini menunjukkan ada pengurangan jumlah siswa yang belum tuntas dalam menguasai materi pembelajaran. Hasil dari pembelajaran siklus II diketahui dari 9 siswa yang belum mencapai taraf tuntas dapat berkurang tinggal 5 siswa yang mengalami ketidaktuntasan. Hal ini menunjukkan peningkatan nilai formatif siswa meskipun masih terdapat 5 siswa yang belum tuntas dan menurut indikator kinerja yang telah ditentukan menunjukkan target ketuntasan siswa kelas IV pada materi matematika dapat terpenuhi 70 % dari indikator kinerja yang ada. Skenario pembelajaran siklus II ditindaklanjuti dengan pembelajaran siklus III dengan hasil dari 16 siswa yang belum mencapai taraf tuntas tinggal 2 siswa, jadi telah mencapai indikator kinerja 80 %. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa melalui penggunaan media model bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Kuto.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar Sifat Bangun Datar dan Media Model bangun Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 05:53
Last Modified: 26 Apr 2011 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11861

Actions (login required)

View Item View Item