PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2007/2008

Budiyono, Budiyono (2008) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220040018.pdf

Download (100kB)
[img] PDF
A220040018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)

Abstract

intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas XI SMA Negeri Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2007/2008. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri Jatisrono Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2007/2008 yang berjumlah 199 siswa dan sampel penelitian 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket untuk data mengenai kemandirian belajar, intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah, dan dokumentasi untuk data mengenai prestasi belajar PKn siswa. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian dianalisis regresi dua prediktor, dengan rumus: Freg =......... Hasil perhitungan regresi memperoleh harga Freg = 18,234, dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;37) adalah sebesar 3,25 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,21, hasilnya Fhitung > Ftabel = 18,234 > 3,25 atau 18,234 > 5,21, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap Prestasi belajar PKn dinyatakan dapat diterima. Variabel kemandirian belajar memberikan relatif sebesar 41,48% dan sumbangan efektif sebesar 20,59%. Intensitas pemanfaatan perpustakaan memberikan sumbangan relatif sebesar 58,52% dan sumbangan efektif sebesar 29,05%, sehingga variabel intensitas pemanfaatan perpustakaan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn dibandingkan variabel kemandirian siswa. Penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah siswa terhadap prestasi belajar PPKn. Sehingga semakin intensif siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah dalam belajar dan semakin tingginya kemandirian belajar siswa, maka akan semakin tinggi pula prestasi belajarnya dan sebaliknya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, prestasi belajar, pemanfaatan perpustakaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Apr 2009 04:15
Last Modified: 01 Feb 2011 05:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1183

Actions (login required)

View Item View Item