Presentasi Diri Selektif Mahasiswa Pada Komunikasi Bermediasi Video Selama Pembelajaran Daring

Azzahra, Ulfi Nariswari and , Palupi, S.Sos., M.A. (2023) Presentasi Diri Selektif Mahasiswa Pada Komunikasi Bermediasi Video Selama Pembelajaran Daring. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi_Ulfi Nariswari Az-Zahra_L100190076.pdf

Download (261kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang “Presentasi Diri Selektif Mahasiswa Pada Komunikasi Bermediasi Video Selama Pembelajaran Daring”. Permasalahan dari penelitian ini berkaitan dengan presentasi diri selektif mahasiswa selama pembelajaran daring menggunakan SWVC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan memahami bagaimana mahasiswa mempresentasi dirinya secara selektif selama pembelajaran daring melalui VMC. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang menentukan informan dengan snowball sampling, teknik ini melibatkan pemilihan individu berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh peneliti tertentu berdasarkan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data yang dipilih adalah wawancara semi-terstruktur karena terdapat kebebasan dari peneliti ketika bertanya serta memanajemen setting dan alur selama masih dalam pembahasan mengenai pokok permasalahan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan perspektif presentasi diri teori dari Erving Goffman dan VMC (Video Mediated Communication). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kategorisasi presentasi diri yang ditampilkan oleh mahasiswa yaitu 1) mengatur tampilan fisik yaitu dengan pakaian yang pantas, make up, dan penampilan yang segar, 2) mengatur lingkungan dengan mengatur kamera, mengatur posisi device, dan menggunakan fitur background, 3) mengatur perilaku verbal dan non-verbal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: video-mediated communication, online learning, self selective presentation, hyperpersonality communication
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: ULFI NARISWARI AZ-ZAHRA
Date Deposited: 18 Nov 2023 06:58
Last Modified: 12 Dec 2023 02:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/118269

Actions (login required)

View Item View Item