ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ)

HANDAYANI , NUR SEPTI (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (525kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (555kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Informasi yang diungkapkan dalam laporan keuangan perusahaan dikelompokkan menjadi pengungkapan wajib (mandatory disclosure) dan pengungkapan sukarela (voluntary disclosure).. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 94 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ pada tahun 2003. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Variabel yang digunakan adalah variabel berupa leverage, likuiditas, profitabilitas, proporsi saham publik, umur perusahaan, dan ukuran perusahaan serta variabel dependen berupa indeks pengungkapan laporan keuangan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi, serta dilakukan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel leverage, likuiditas, profitabilitas, proporsi saham publik, umur perusahaan, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan sukarela laporan keuangan dan hipotesis diterima. Terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh Fhitung = 4,283 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). (2) Hasil uji t menunjukkan bahwa leverage, likuiditas, dan proporsi saham publik berpengaruh terhadap pengungkapan laporan keuangan (p<0,05). Sedangkan profitabilitas, umur perusahaan, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan laporan keuangan (p>0,05). (3) Nilai Adjusted R2 sebesar 0,175 menunjukkan bahwa 17,5% variasi dari pengungkapan laporan keuangan dapat dijelaskan oleh variabel leverage, likuiditas, profitabilitas, proporsi saham publik, umur perusahaan, dan ukuran perusahaan. Sedangkan sisanya sebesar 82,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelengkapan, disclosure, laporan keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 04:59
Last Modified: 25 Apr 2011 04:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11818

Actions (login required)

View Item View Item