PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR KELAS KHUSUS DAN KELAS REGULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA FKIP AKUNTANSI ANGKATAN 2006

HASANAH, NUR (2008) PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR KELAS KHUSUS DAN KELAS REGULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA FKIP AKUNTANSI ANGKATAN 2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210030126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)

Abstract

Motivasi merupakan syarat yang mutlak dalam belajar atau proses pembelajaran. Motivasi belajar tidak dapat dipisahkan dari prestasi belajar,keduanya berbanding lurus, jika motivasi belajar kuat, maka prestasi belajar akan baik, dan jika motivasi belajar kurang, maka prestasi belajar akan kurang juga. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar kelas khusus terhadap pretsasi belajar mahasiswa, 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar kelas reguler terhadap pretsasi belajar mahasiswa, dan 3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh motivasi belajar kelas khusus dan kelas reguler terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan jenis dan pendekatan penelitian, penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif kuantitatif, dengan variabel motivasi belajar kelas khusus dan motivasi belajar kelas reguler sebagai variabel X dan prestasi belajar sebagai variabel Y. Populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa angkatan 2006, baik yang dari kelas khusus ataupun kelas reguler, dengan jumlah 197 mahasiswa. Sampel yang digunakan adalah 50 orang mahasiswa terdiri dari 25 mahasiswa kelas khusus dan 25 mahasiswa kelas reguler. Adapun teknik pengambilan sampel dengan teknik Proportional Random Sampling.Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang motivasi belajar kelas khusus dan reguler, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulan prestasi belajar kelas khusus dan reguler. Sedangkan analisis data yang digunakan dengan uji validitas dan reliabilitas untuk try out, uji prasyarat dengan uji normalitas dan linearitas, analisis regresi linear sederhana, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: 1) Motivasi belajar mahasiswa kelas khusus berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2006, dengan koefisien regresi sebesar 0,0537, 2) Motivasi belajar mahasiswa kelas reguler berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2005, dengan koefisien regresi sebesar 0,0661, 3) Terdapat perbedaan pengaruh antara motivasi belajar kelas khusus dan motivasi belajar kelas reguler terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2006, dengan nilai rata-rata motivasi belajar untuk kelas khusus sebesar 46,40 dan kelas reguler sebesar 45,64 serta nilai prestasi belajar kelas khusus sebesar 3,26 dan kelas reguler sebesar 3,02.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar kelas khusus, Motivasi belajar kelas reguler, Prestasi Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 27 Apr 2009 07:54
Last Modified: 17 Nov 2010 07:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item