DESAIN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PENGGUNAAN SKETSA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI

Ebtanto, Irwan Budi (2008) DESAIN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PENGGUNAAN SKETSA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040113.pdf

Download (254kB)
[img] PDF
A310040113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bahwa Desain Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Penggunaan Sketsa sebagai Media Pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis surat dinas. Memperoleh informasi tentang keaktifan siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali dalam menulis surat dinas dan mengetahui persepsi atau tanggapan siswa terhadap pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Sasaran penelitian ini adalah kemampuan menulis siswa dengan penggunaan sketsa sebagai media pembelajaran, kerjasama dalam kelompok untuk mendiskusikan suatu masalah, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research. Tekik pengumpulan data digunakan observasi, catatan, tes dan dokumentasi. Observasi langsung dilakukan peneliti untuk mengamati perkembangan pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa di dalam kelas. Catatan di dalam kelas dilakukan dengan mencatat apa yang didengar, dilihat, dialami dan dipikirkan di dalam kelas yang dikumpulkan sebagai data.tes dilakukan untuk menetahui daftar nama-nama dan nomor absent siswa yang menjadi objek pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran menulis surat dinas menggunakan pendekatan kooperatif tipe stad berjalan dengan lancer, guru menetapkan rancangn pembelajsran yang elah disepakati dengan peneliti. Guru selalu memberi bimbingan dan motivasi terhadap siswa dalam pembelajaran menulis surat inas sehingga kemampuan siswa meningkat. Hal tersebut dapat dibuktikan pada tiaptiap siklus. Antusias siswa dam belajar bahasa Indonesia semakin meningkat. Selain itu dengan adanya rotasi posisi guru dalam mengecek hasil pekerjaan siswa menjadi tingkat kesulitanny dalm menulis semakin sedikit. Hal ini mengidentifikasikan efektifitas pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Penggunaan Sketsa sebagai Media Pembelajaran, dapat meningkatkan keterampilan menulis surat dinas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, kooperatif, surat dinas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Apr 2009 04:12
Last Modified: 31 Jan 2011 05:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item