UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) MELALUI METODE ROTATING TRIO EXCHANGE SISWA SMP N 3 COLOMADU KELAS VIIID SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011

PRATIWI , NITA RIZQI EKA (2011) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) MELALUI METODE ROTATING TRIO EXCHANGE SISWA SMP N 3 COLOMADU KELAS VIIID SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (278kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (268kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Rotating Trio Exchange pada pokok bahasan SPLDV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 34 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika bersama peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Rotating Trio Exchange. Peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari : 1) Siswa senang mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 29,41%, di akhir tindakan mencapai 88,24%. 2) Siswa memperhatikan saat proses pembelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 20,59%, di akhir tindakan mencapai 82,35%. 3) Banyaknya siswa yang bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 11,76%, di akhir tindakan mencapai 73,53%. 4) Siswa konsentrasi dalam kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 14,71%, di akhir tindakan mencapai 85,29%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari : 1) Banyaknya siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebelum tindakan sebesar 38,24%, di akhir tindakan mencapai 88,24%. 2) Banyaknya siswa yang mendapat nilai di atas rata-rata kelas sebelum tindakan sebesar 38,24%, di akhir tindakan mencapai 64,71%. 3) Kemampuan siswa menjelaskan materi kepada siswa lain sebelum tindakan sebesar 5,88%, di akhir tindakan mencapai 58,82%. 4) Berperilaku santun selama pembelajaran sebelum tindakan sebesar 44,12%, di akhir tindakan mencapai 94,12%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode Rotating Trio Exchange dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan SPLDV dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rotating Trio Exchange, minat, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2011 02:49
Last Modified: 21 Apr 2011 02:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11764

Actions (login required)

View Item View Item