Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpa) Al-Ikhlas Jati Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Santri Di Desa Jati Kec. Masaran Kab. Sragen Tahun 2023

Rini, Adinda Cantika and , Dr. Triono Ali Mustofa,S.Pd.,M.Pd.I (2023) Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpa) Al-Ikhlas Jati Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Santri Di Desa Jati Kec. Masaran Kab. Sragen Tahun 2023. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naspub adinda.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang Desa Jati Kec. Masaran yang merupakan Kawasan permukiman pedesaan yang mayoritas beragama islam namun minim dalam mendapatkan pengetahuan tentang membaca Al-Qur’an. Diperparah dengan adanya permainan game yang membuat santri jauh dari Al-Qur’an dan diharapankan TPA Al-Ikhlas Jati dapat berkontribusi dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri di desa Jati. Dalam mengembangka kemampuan membaca santri memiliki faktor penghambatan dan faktor pendukung. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1.)Mendeskripsikan bagaimana peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Ikhlas Jati dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri di desa Jati kec. Masaran. 2.)Mendeskripsikan apa saja faktor penghambat dan pendukung peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam mengembangkan kemampuan membaca Al�Qur’an santri TPA Al-Ikhlas Jati. Penelitian yang dilaksanakan ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang peneliti ambil adalah kualitatif. Pendekatan ini bersifat fenomenologis. Sumber data yang diperoleh dari sumber data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumen. Adapun teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa peran TPA Al-Ikhlas Jati sangatlah penting dalam aspek perkembangan membaca Al-Qur’an. Melalui TPA santri mampu membaca huruf hijaiyah menggunakan metode Iqro’, mampu membaca surah pendek dalam Al-Qur’an, dan mampu untuk menghafal bacaan dalam shalat. Faktor penghambat dan pendukung dalam mengembangkan kemampuan membaca di antaranya; 1) Faktor penghambat pembelajaran baca Al-Qur’an di TPA Al-Ikhlas Jati ialah dari sisi psikologis anak dalam belajar yang didapati bahwa kurangnya motivasi, ataupun pendek nya daya konsentrasi anak, faktor cuaca yang terkadang tidak mendukung jalannya aktivitas pembelajaran. 2) Faktor pendukung dari sisi sarana prasarana di TPA Al-Ikhlas Jati dalam kategori baik, hal ini dapat dilihat dari ketersediaan meja untuk belajar, lemari buku dan buku-buku yang menjadi penunjang pembelajaran dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran , Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Membaca Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: ADINDA CANTIKA RINI
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:46
Last Modified: 26 Oct 2023 02:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/117568

Actions (login required)

View Item View Item