MUNAWAROH , SITI (2011) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH ( PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP N 2 Grobogan ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (444kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (118kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Scramble dengan pemanfaatan Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Grobogan yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam: 1) Kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran meningkat dari sebelum tindakan (34,23%) menjadi (77,14%) di akhir tindakan. 2) Memperhatikan penjelasan dari guru meningkat dari sebelum tindakan (42,9%) menjadi (82,86%) di akhir tindakan. 3) Semangat siswa dalam mengerjakan soal- soal latihan dari guru meningkat dari sebelum tindakan (51,43%) menjadi (88,6%) di akhir tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan scramble dengan pemanfaatan macromedia flash dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, pendekatan scramble, macromedia flash. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Apr 2011 09:22 |
Last Modified: | 20 Apr 2011 09:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11743 |
Actions (login required)
View Item |