Kristanto, Asep Yudhi (2008) CAMPUR KODE DALAM IKLAN ACARA DI RADIO RRI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A310030005.pdf Download (64kB) |
|
PDF
A310030005.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif tentang ragam bahasa dalam iklan acara di radio RRI Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ragam bahasa dan peristiwa campur kode dalam iklan acara di Radio RRI Surakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Sampel yang ditentukan adalah teks atau naskah iklan acara di Radio RRI Surakarta. Data yang diperoleh terdiri atas 16 buah judul iklan dengan 232 dialog. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ragam bahasa yang terdapat dalam iklan acara di Radio RRI Surakarta banyak menggunakan ragam informal, penuh dengan improvisasi yang dikemas dalam bentuk humor. Hal ini tidak terlepas dari faktor sosiokultural dan situasional yang terwujud dalam campur kode serta bentuk- bentuk tindak tutur unik. Adanya penggunaan campur kode terutama campur kode kata dilatarbelakangi oleh daerah dan budaya penutur dan pendengar serta untuk menegaskan maksud. Kekhasan ragam bahasa dalam iklan acara di Radio RRI Surakarta lebih banyak diwarnai dengan permainan kata- kata, penggunaan idiom serta dimunculkannya bentuk plesetan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ragam Bahasa, Campur Kode |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Apr 2009 03:16 |
Last Modified: | 31 Jan 2011 05:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1174 |
Actions (login required)
View Item |