NURKHOLIS , NURKHOLIS (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA ALJABAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION AND EVALUTION( 5E ) (PTK pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
![]()
|
PDF (Halaman Depan)
Microsoft_Word_-_lebar_depan_kolis.pdf Download (195kB) |
|
![]()
|
PDF (Bab I)
Microsoft_Word_-_bab_1.pdf Download (29kB) |
|
![]() |
PDF (Bab II)
Microsoft_Word_-_bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
![]() |
PDF (Bab III)
Microsoft_Word_-_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
|
![]() |
PDF (Bab IV)
Microsoft_Word_-_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
|
![]() |
PDF (Bab V)
Microsoft_Word_-_bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
![]()
|
PDF (Daftar Pustaka)
Microsoft_Word_-_daftar_pustaka.pdf Download (11kB) |
|
![]() |
PDF (Lampiran 1)
Microsoft_word-Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
![]() |
PDF (Lampiran 2)
Microsoft_Word-Lampiran_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan pemahaman konsep, 2) meningkatkan prestasi matematika siswa, melalui model pembelajaran Learning Cycle “5-E”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) kemampuan dalam mengajukan ide sebelum tindakan sebesar 12,50 %, di akhir tindakan menjadi 56,25 %, 2) kemampuan mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum jelas sebelum tindakan sebesar 31,25 %, di akhir tindakan naik menjadi 78,12 %, 3) kemampuan melakukan operasi hitung dengan benar sebelum tindakan sebesar 18,75 %, di akhir tindakan naik menjadi 68,75 % , dan 4) kemampuan menjawab pertanyaan guru dengan benar sebelum tindakan sebesar 12,50 %, di akhir tindakan naik menjadi 59,37 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas siswa yang mendapatkan nilai > 65 sebanyak 25 %, di akhir tindakan menjadi 84,37 %. Kesimpulan dalam penelitian adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5-E dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-025 |
Uncontrolled Keywords: | media-pembelajaran, pemahaman-konsep, prestasi-belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Apr 2011 05:11 |
Last Modified: | 28 Apr 2011 04:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |