Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga)

RIANI , DINAR KASIH (2010) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa dan Persepsi Siswa Mengenai Proses Pembelajarannya (Pada Sub Pokok Bahasan Pernyataan Majemuk Logika Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 1 Salatiga). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (222kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, tipe Jigsaw dan dengan metode konvensional terhadap prestasi belajar siswa; 2) untuk mengetahui persepsi siswa mengenai proses pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT, Jigsaw dan metode konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 1 Salatiga semester genap tahun ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas X AK1, X AK3 sebagi kelas eksperimen dan kelas X AK2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan anava satu jalan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar dengan Fhitung = 3,774 dan menggunakan taraf signifikansi 5%; 2) ada perbedaan persepsi siswa mengenai proses pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Jigsaw, prestasi belajar, persepsi siswa, proses pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2011 04:15
Last Modified: 20 Apr 2011 04:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11696

Actions (login required)

View Item View Item