ANGKOSO , YUSEP CUS (2011) PENERAPAN METODE ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION) DENGAN MENGOPTIMALKAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA PENING KATAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2-HALAMAN_DEPAN.pdf Download (155kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3-BAB_I.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab II)
4-BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab III)
5-BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab IV)
6-BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab V)
7-BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8-DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Lampiran)
9-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction) dengan mengoptimalkan alat peraga. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIG SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 38 siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan komunikasi matematika siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan komunikasi matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi matematika: (a) menghubungkan konsep matematika dengan situasi nyata sebelum tindakan 7,89% dan setelah tindakan 50,00%, (b) menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa matematika sebelum tindakan 5,26% dan setelah tindakan 55,26%, (c) berdiskusi tentang matematika sebelum tindakan sebesar 21,05% dan setelah tindakan 68,42%, (d) mengemukakan ide matematika sebelum tindakan 5,26% dan setelah tindakan 36,84%, (e) mendengarkan penjelasan guru atau pendapat teman sebelum tindakan 28,95% dan setelah tindakan 78,95%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui metode ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment, dan satisfaction) dengan mengoptimalkan alat peraga mampu meningkatkan komunikasi matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ARIAS, komunikasi matematika, alat peraga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Apr 2011 04:09 |
Last Modified: | 20 Apr 2011 04:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11694 |
Actions (login required)
View Item |