PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASIBELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN 2006/2007

NOVITASARI, WIDYA (2008) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASIBELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210030085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan kemandirian belajar (X) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan angket, dokumentasi dan wawancara. Angket digunakan untuk mengetahui data tentang kemandirian belajar. Metode dokumentasi untuk mengetahui data hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, dan metode wawancara digunakan untuk mengetahui dan memperjelas data dan diperoleh melalui angket mengenai data kemandirian belajar siswa. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2006/2007, dengan sampel sebanyak 185 siswa, sedangkan teknik pengambilan sampel dengan proporsional random sampling. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisa regresi linier sederhana menyimpulkan : kemandirian belajar mempengaruhi prestasi belajar, hal itu terbukti Fhitung > Ftabel atau 108,689 > 4,02 dengan kontribusi 6,52 %. R square 0,652 artinya kontribusi kemandirian belajar terhadap prestasi belajar sebesar 65,2 %, sedangkan sisanya 34,8 % dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Apr 2009 08:37
Last Modified: 17 Nov 2010 07:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item