PENGARUH KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DENGAN KINERJA MANAJERIAL DAN KEPUASAN KERJA(Survey Pada Perusahaan Manufaktur Se-Karisidenan Surakarta)

Wardani, Hestiyanti Kusuma (2007) PENGARUH KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DENGAN KINERJA MANAJERIAL DAN KEPUASAN KERJA(Survey Pada Perusahaan Manufaktur Se-Karisidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DATAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Full Text)
Bab_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat mengharuskan perusahaan untuk menyusun rencana strategis khususnya dalam penyusunan anggaran, sehingga anggaran lebih realistis dan perusahaan tetap dapat bertahan dan mencapai tujuan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial dan kepuasan kerja dengan ketidakpastian lingkungan sebagai variabel moderating. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei yang menggunakan kuesioner sebagai pengumpul data pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur di karesidenan Surakarta. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 68 orang manajer menengah yang berasal dari 8 perusahaan manufaktur di Karesidenan Surakarta. Data yang diperoleh diuji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan cronbach’s alpha. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi, dan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial dan H1 diterima. Hasil analisis regresi model 1 memperoleh nilai thitung = 3,048 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya partisipasi penyusunan anggaran yang tinggi akan meningkatkan kinerja manajerial. (2) Partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan H2 diterima. Hasil analisis regresi model 2 memperoleh nilai thitung = 2,853 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya partisipasi penyusunan anggaran yang tinggi akan meningkatkan kepuasan kerja. (3) Interaksi partisipasi penyusunan anggaran dan ketidakpastian lingkungan berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial. Hasil analisis regresi model 1 memperoleh nilai thitung sebesar 2,470 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H3 diterima. Artinya partisipasi penyusunan anggaran akan meningkatkan kinerja manajerial pada kondisi ketidakpastian lingkungan yang tinggi. (4) Interaksi partisipasi penyusunan anggaran dan ketidakpastian lingkungan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Hasil analisis regresi model 2 memperoleh nilai thitung sebesar 3,105 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H4 diterima. Artinya partisipasi penyusunan anggaran akan meningkatkan kepuasan kerja pada kondisi ketidakpastian lingkungan yang tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, kinerja manajerial, kepuasan kerja, ketidakpastian lingkungan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 19 Apr 2011 10:16
Last Modified: 11 Apr 2012 05:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11678

Actions (login required)

View Item View Item