PENGARUH PERHATIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 2 WURYANTORO TAHUN AJARAN 2007/2008

SAFITRI, RELIYA (2008) PENGARUH PERHATIAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 2 WURYANTORO TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210030063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh perhatian siswa dalam pembelajaran dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar akuntansi, 2) Mengetahui pengaruh perhatian siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi dan 3) Mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri. Penelitian mengambil lokasi di SMK Muhammadiyah 1 Wuryantoro Kabupaten Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Tahun Pelajaran 2007/2008 terdiri dari 2 kelas sebanyak 90 siswa. Data tentang perhatian siswa dalam pembelajaran dan lingkungan sekolah diperoleh melalui angket, sedangkan data hasil belajar diperoleh melalui dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa partisipasi siswa dalam pembelajaran dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar akuntansi diperoleh persamaan regresi : Y = 3,748 + 1,228X1 + 0,507X2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 104,338 > 3,98 (taraf signifikansi 5%) berarti antara perhatian siswa dalam pembelajaran dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi. Uji t untuk variabel perhatian siswa dalam pembelajaran diperoleh thitung > dari ttabel atau 8,850 > 1,99 dan untuk variabel lingkungan sekolah diperoleh thitung > ttabel atau 3,915 > 1,99 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar akuntansi. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,752 ini menunjukkan bahwa variabel perhatian siswa dalam pembelajaran dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi sebesar 75,2%. Sedangkan sisanya sebesar 24,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Besarnya sumbangan relatif untuk variabel X1 sebesar 50,59 %, X2 sebesar 49,41% dan besarnya sumbangan efektif untuk X1 sebesar 37,8% dan X2 sebesar 37,4 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perhatian siswa dalam pembelajaran, lingkungan sekolah, dan Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Apr 2009 08:23
Last Modified: 17 Nov 2010 07:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1167

Actions (login required)

View Item View Item