EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MATH MAGIC DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA MTs. MASALIKIL HUDA JEPARA KELAS VIII SEMESTER I

Budiyani, Nanik (2011) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MATH MAGIC DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA MTs. MASALIKIL HUDA JEPARA KELAS VIII SEMESTER I. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Masalikil Huda Jepara yang berjumlah 160 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa, yang terdiri dari 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan 40 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi . Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika dengan FA = 5,528, (2) Terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan FB =  17,842, (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran ditinjau dari aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan F = 0,504.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:25
Last Modified: 20 Nov 2019 01:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11659

Actions (login required)

View Item View Item