ANALISIS PENGARUH PENGUMUMAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM ( Studi Empiris Pada Perusahaan Go Public di Bursa Efek Jakarta )

YULIANTO, FREDI (2007) ANALISIS PENGARUH PENGUMUMAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM ( Studi Empiris Pada Perusahaan Go Public di Bursa Efek Jakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Judul, Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Bab K)
ANALISIS_PENGARUH_PENGUMUMAN_LAPORAN_KEUANGAN_TERHADAP_PERUBAHAN_HARGA_SAHAM_DAN_VOLUME_PERDAGANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)

Abstract

Dewasa ini pasar modal di Indonesia telah berkembang sangat pesat. Seiring dengan perkembangan yang pesat tersebut, maka kebutuhan akan informasi yang transparan sangat diperlukan sebagai alat bantu pengambilan keputusan investasi di bursa bagi investor. Informasi yang dibutuhkan tersebut salah satunya adalah laporan keuangan. Pada dasarnya laporan keuangan merupakan salah satu sumber informasi penting yang digunakan oleh investor dalam penilaian kinerja perusahaan yang go public. Jika laporan keuangan dapat menyajikan informasi yang relevan dengan model keputusan yang digunakan investor, maka investor akan menggunakan laporan keuangan dalam hal ini informasi laba akuntansi untuk membuat keputusan buy, hold/ sell surat berharga saham. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti secara empiris adanya pengaruh pengumuman laporan keuangan terhadap perubahan harga saham dan volume perdagangan saham. Dalam penelitian ini diteliti sebanyak 35 perusahaan disektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ) yang mempublikasikan laporan keuangan tahun 2003 di bulan Maret tahun 2004. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Non Parametrik berupa Uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon sign rank test) dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil pegujian pada hipotesis pertama menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pengumuman laporan keuangan terhadap perubahan harga saham. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Zhitung lebih kecil dari nilai Ztabel (-1,462 < 1,96). Sedangkan Hasil pegujian pada hipotesis kedua juga menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pengumuman laporan keuangan terhadap perubahan volume perdagangan saham. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Zhitung lebih kecil dari nilai Ztabel (-1,949 < 1,96).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Laporan Keuangan, Harga Saham dan Volume Perdagangan Saham
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:06
Last Modified: 19 Apr 2011 09:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11650

Actions (login required)

View Item View Item