PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI I JUWIRING KLATEN TAHUN AJARAN 2007 / 2008

MULYONO, DIYAH MEIRINA PRIHATINI (2008) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI I JUWIRING KLATEN TAHUN AJARAN 2007 / 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210030056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar akuntansi, 2) Mengetahui pengaruh partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar akuntansi dan 3) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Juwiring Kabupaten Klaten. Penelitian mengambil lokasi di SMK Negeri 1 Juwiring Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X sebanyak 80 siswa. Karena penelitian ini merupakan penelitian populasi, sehigga tidak menggunakan sampel. Data tentang lingkungan keluarga dan partisipasi siswa dalam kegiatan esktrakurikuler diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar diperoleh melalui dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar akuntansi diperoleh persamaan regresi : Y = 2,923 + 0,061X1 + 0,0354X2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 41,847 > 3,12 (taraf signifikansi 5%) berarti antara lingkungan keluarga dan partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Uji t untuk variabel lingkungan keluarga diperoleh thitung > dari ttabel atau 6,561 > 1,99 dan untuk variabel partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler diperoleh thitung > ttabel atau 4,365 > 1,99 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,521 ini menunjukkan bahwa variabel lingkungan keluarga dan partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 52,1%. Sedangkan sisanya sebesar 47,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Besarnya sumbangan relatif untuk variabel x1 sebesar 65,42 %, x2 sebesar 34,58 % dan besarnya sumbangan efektif untuk x1 sebesar 34,08 % dan x2 sebesar 18,01 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler, dan Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Apr 2009 08:14
Last Modified: 17 Nov 2010 07:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1165

Actions (login required)

View Item View Item