ARIFAH , TSANI MARFUAH NURUL (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ROTATION TRIO EXCHANGE(PTK di Kelas VII Semester Genap MTs Muhammadiyah Blimbing Tahun ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (145kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran rotation trio exchange pada pokok bahasan segitiga, persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A MTs Muhammadiyah Blimbing yang berjumlah 27 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar melalui strategi pembelajaran rotation trio exchange. Hal ini dapat dilihat dari 1) berpikir kreatif siswa dalam menjelaskan/mendefinisikan konsep dengan kata-katanya sendiri sebelum tindakan sebesar 14,82%, pada putaran I 22,23%,pada putaran II 40,74% dan pada putaran III 48,15%, 2) berpikir kreatif siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 18,52%, pada putaran I 40,74%, pada putaran II 48,15% dan pada putaran III 55,56%, 3) berpikir kreatif siswa mengerjakan soal latihan sebelum diadakan tindakan sebesar 25,92%, pada putaran I 33,34%, pada putaran II 55,56% dan pada putaran III 88,89%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 77,78%, pada putaran I 81,18%, pada putaran II 96,29% dan pada putaran III mencapai 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran rotation trio exchange dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-021 |
Uncontrolled Keywords: | rotation trio exchange, berpikir, kreatif� |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 19 Apr 2011 08:50 |
Last Modified: | 28 Apr 2011 04:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11646 |
Actions (login required)
View Item |