PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP N 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2007/2008

MUSTARIFAH, SITI (2008) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP N 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210030050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: 1) Mengetahui perbedaan prestasi belajar ekonomi yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan metode ceramah, 2) Mengetahui seberapa besar perbedaan presrasi belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajarn berbasis portofolio dan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dimaksudkan untuk mengungkapkan sebab akibat dua variable atau lebih dengan mengendalikan pengaruh variable yang lain. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 2 Kartasura. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII dan objek penelitiannya adalah pembelajaran ekonomi dengan model pembelajaran berbasis portofolio dan metode ceramah terhadap prestasi belajar siswa. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura, yang berjumlah 240 siswa, siswa kelas VIII terbagi dalam enam kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas untuk pembelajaran yang berbeda yaitu kelas VIII yang meliputi kelas VIII A untuk metode portofolio yang berjumlah 40 siswa dan kelas VIII C untuk metode ceramah yang berjumlah 40 siswa. Adapun teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah: dengan metode tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat, dan uji t. Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan dan hasil dari analisis data yang dikemukakan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: “Ada perbedaan prestasi belajar antara model pembelajaran berbasis portofolio dengan metode ceramah pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2007/2008. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan nilai uji t-hitung sebesar 1,7133. Ternyata besarnya thitung terletak di daerah penolakan Ho yaitu t-hit lebih besar dari t-tab atau 1,7133 ³1,655”.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Ekonomi, Pendekatan Pembelajaran, Metode Portofolio, Metode Ceramah.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Apr 2009 08:07
Last Modified: 17 Nov 2010 07:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item View Item