SISWANTO , MULYO (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THREE STAGE FISHBOWL DECISION DAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester II SMP Al-Islam I Surakarta Tahun 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (284kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) untuk mengetahui interaksi antara metode pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al Islam I Surakarta. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 71 siswa, yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, metode dokumentasi dan obvservasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran ditinjau dari keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-003 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi-Pembelajaran, Aktivitas-Belajar, Prestasi-Belajar, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 19 Apr 2011 08:06 |
Last Modified: | 28 Apr 2011 04:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11635 |
Actions (login required)
View Item |