YUNIARTI , TANTI (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEER LESSONS DAN STRATEGI SMALL GROUP WORK PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_halaman_depan.pdf Download (206kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_bab_1.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Bab II)
04_bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
PDF (Bab III)
05_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
PDF (Bab V)
07_bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_daftar_pustaka.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan menguji pengaruh strategi pembelajaran Peer lesson dan Small group work terhadap prestasi belajar pecahan siswa, (2) Menganalisis dan menguji pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar pecahan siswa, dan (3) menganalisis dan menguji interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 kartasura 2009/2010 yang terdiri dari tujuh kelas dan sampelnya yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 41 siswa, sedangkan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah 42 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis anava dua jalan yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh penggunakan strategi peer lessons dan strategi small group work terhadap prestasi belajar pecahan siswa dengan nilai Fhitung 37,878 > 4,000 (p= 0,000). Artinya penggunaan strategi peer lessons dan metode small group work mempengaruhi prestasi belajar pecahan siswa. (2) ada pengaruh kemampuawan awal siswa terhadap prestasi belajar pecahan siswa antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah, dengan nilai Fhitung 3,883 yang lebih besar dari 3,150 (p= 0,046), maka kemampuawan awal siswa mempengaruhi prestasi belajar pecahan siswa. (3) tidak ada efek interaksi antara strategi peer lessons dan metode small group work dan kemampuan awal siswa baik yang tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar pecahan siswa, dengan nilai Fhitung 3,079 < 3,150 (p= 0,090) yang berarti tidak ada interaksi antara prestasi belajar pecahan siswa antara siswa yang diberikan pengajaran dengan startegi peer lessons dan strategi small group work.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi-belajar, kamampuan awal, peer lessons, small group work, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 19 Apr 2011 07:49 |
Last Modified: | 19 Apr 2011 07:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11632 |
Actions (login required)
View Item |