PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2006/2007

WARDANA, ANGGA SETYO TRI (2008) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA BHINNEKA KARYA 2 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210030044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)

Abstract

Prestasi yang dicapai siswa merupakan bagian dari pengaruh tingkat disiplin yang dimiliki siswa dan kondisi ekonomi orang tua. Siswa yang memiliki tingkat disiplin yang tinggi dapat dimungkinkan pencapaian prestasi yang tinggi pula, dan jika kondisi perekonomian orang tua rendah atau kurang akan berakibat pada rendahnya prestasi yang dicapai siswa walaupun kurang berarti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh disiplin belajar dan kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali tahun ajaran 2006/2007, 2) Pengaruh disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali tahun ajaran 2006/2007, 3) Pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali tahun Ajaran 2006/2007. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan variabel disiplin belajar siswa (X1) dan kondisi ekonomi orang tua (X2) sebagai variabel bebas, dan prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Dokumentasi untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar serta gambaran umum obyek penelitian. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang disiplin belajar dan kondisi ekonomi orang tua. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t, uji F, SE dan SR. Berdasarkan analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Tahun Ajaran 2006/2007, dengan nilai SR 66,17% dan SE 31,20%, 2) Kondisi ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Tahun Ajaran 2006/2007, dengan SR 33,83% dan SE 15,95%, 3) Disiplin belajar dan kondisi ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Tahun Ajaran 2006/2007, dengan kontribusi sebesar 52,85%. Berdasarkan analisis regresi diketahui persamaannya: Y = 6,989 + 0,897X1 + 0,431X2. Hasil uji t diperoleh nilai thitung untuk variabel disiplin belajar (X1) sebesar 4,107 dan untuk variabel kondisi ekonomi orang tua (X2) sebesar 2,320 yang nilainya lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,009 dengan nilai signifikan hitung kurang dari 0,05. Ini berarti bahwa terdapat pengaruh secara individu (parsial) antara disiplin belajar dan kondisi ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Tahun Ajaran 2006/2007.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Kondisi Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Apr 2009 07:58
Last Modified: 17 Nov 2010 07:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1163

Actions (login required)

View Item View Item