PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN BRAIN GYM DAN PENDEKATAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N I Gatak)

HARYANTO , BENI KURNIAWAN (2011) PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN BRAIN GYM DAN PENDEKATAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N I Gatak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
DAFTAR_ISI_dll,_Abstrak.pdf

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika melalui penerapan Brain Gym dan pendekatan kooperatif Student Team Achievement Division (STAD). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP N I Gatak tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : Pertama, pembelajaran matematika dengan penerapan Brain Gym dan pendekatan kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat belajar siswa yang meliputi : a) perasaan senang mengikuti pelajaran meningkat dari (47%) menjadi (73,7%), b) perhatian terhadap materi yang diajarkan meningkat dari (35%) menjadi (65,8%), c) kemauan dalam mengerjakan soal dan bertanya meningkat dari (7,5%) menjadi (23,7%), d) konsentrasi terhadap materi yang diajarkan meningkat dari (25%) menjadi (55,3%), e) kesadaran mengerjakan tugas dan mempelajari kembali materi yang telah diajarkan meningkat dari (10%) menjadi (26,3%). Kedua, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Setelah dilakukan penelitian putaran I rata-rata kelas 57,5 dengan siswa yang mendapat nilai ≥ 70 sebanyak 13 siswa (32,5%). Pada putaran II prestasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata kelas 62,5. Siswa yang mendapat nilai ≥ 70 sebanyak 19 siswa (48%). Pada putaran III rata-rata kelas menjadi 67,63. Siswa yang mendapat nilai ≥ 70 sebanyak 23 siswa (61%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Brain Gym dan pendekatan kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat belajar siswa yang berakibat pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, minat, brain gym, STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2011 03:55
Last Modified: 19 Apr 2011 03:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11617

Actions (login required)

View Item View Item