PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEAN ENDS ANALYSIS DAN TUTOR SEBAYA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK di SMP N 1 Sambi Kelas VII Tahun Ajaran 2010/2011)

PERTAMAWATI , SUSI RINI WAHYUNING (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEAN ENDS ANALYSIS DAN TUTOR SEBAYA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK di SMP N 1 Sambi Kelas VII Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_NILAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa pada materi aritmatika sosial dengan menggunakan model pembelajaran Mean ends analysis dan tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sambi yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review, wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam: 1) mengajukan pertanyaan kepada guru meningkat dari (0%) menjadi (62,86%), 2) mengerjakan soal didepan kelas meningkat dari (5,7%) menjadi (14,28%), 3) mengemukakan ide meningkat dari (0%) menjadi (11,43%), 4) menjawab pertanyaan meningkat dari (2,8%) menjadi (54,28%), 5) kemampuan pemecahan masalah dalam hal menganalisis soal meningkat dari (22,86%) menjadi (80%), menyelesaikan soal dengan langkah yang benar meningkat dari (34,28%) menjadi (54,28%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Mean ends analysis dan tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A410/2011-004
Uncontrolled Keywords: keaktifan, Pemecahan masalah, Mean ends analysis, Tutor sebaya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2011 09:34
Last Modified: 28 Apr 2011 04:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11604

Actions (login required)

View Item View Item