PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI ANTARA YANG MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL OHP DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL OHP PADA SISWA KELAS X1 SEMESTER I SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

RAHMAD W, HERY (2008) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI ANTARA YANG MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL OHP DENGAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL OHP PADA SISWA KELAS X1 SEMESTER I SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210030019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi antara yang menggunakan media visual OHP dengan yang tidak menggunakan media visual OHP pada siswa kelas X1 semester I SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester I SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 240 orang dengan sampel 80 siswa. Sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, eksperimen, tes atau ujian, dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS for Windows V. 11.5. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan pengujian prasarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data dengan menggunakan uji t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi antara yang menggunakan media visual OHP dengan yang tidak menggunakan media visual OHP pada siswa kelas X1 semester I SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2007/2008 adalah terbukti dengan hasil t hitung > t tabel atau 2.381 > 2.021 didukung nilai signifikansi sebesar 0.022 < 0.05. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan alat bantu OHP dalam proses belajar erat hubungannya dengan peningkatan prestasi belajar siswa. Hasil tersebut nampak pada perbedaan hasil belajar siswa kelas X1 semester I SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2007/2008 dari rata-rata perolehan nilai dengan menggunakan metode ceramah sebesar 6.6. Sementara perolehan nilai dengan metode pembelajaran dengan menggunakan media OHP memperoleh rata-rata nilai sebesar 7.1.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, media visual OHP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 22 Apr 2009 07:28
Last Modified: 17 Nov 2010 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item