PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ARITMETIKA SOSIAL MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I DI SMP NEGERI 1 NGEMPLAK

NUGROHO, FAJAR TRI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ARITMETIKA SOSIAL MELALUI STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS PADA SISWA KELAS VII SEMESTER I DI SMP NEGERI 1 NGEMPLAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (205kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran 1)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] PDF (Lampiran 2)
Lampiran_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan stategi giving question and getting answer di kelas VII A SMP Negeri1 Ngemplakdan 2) Meningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan dengan menggunakan stategi giving question and getting answer di kelas VII A SMP Negeri1 Ngemplak.Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMPNegeri 1 Ngemplak. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA yang berjumlah 36siswa dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitianini menunjukkan adanyapeningkatan motivasi dan prestasimelalui strategi giving question and getting answer. Hal ini dilihat dari indikator:a). keinginan siswa untuk mengerjakan soalsebelum tindakan 66,67% dan 97,22% pada akhir tindakan; b).Keinginan siswa memberi tanggapan guru atau siswa lain sebelum tindakan 30,56% dan63,39% setelah tindakan; c). Keinginan siswa menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lainsebelum tindakan16,62% dan50% setelah tindakan; d). siswa menanyakan materi yang belum jelassebelum tindakan 16,67% dan47,22% setelah tindakan; dan siswa yang mendapat nilai ≥ 6,5 sebelum tindakan 44,44% dan 69,44% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi giving question and getting answer dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan motivasi dan prestasi, giving question and getting answer.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2011 09:16
Last Modified: 18 Apr 2011 09:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11598

Actions (login required)

View Item View Item