PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI KONSTITUSI YANG PERNAH DIGUNAKAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010

MARYATI, ASRI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI KONSTITUSI YANG PERNAH DIGUNAKAN DI INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 melalui penerapan strategi pembelajaran Team Quiz. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan strategi pembelajaran ceramah, dan metode aktif learning. Akan tetapi penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Team Quiz Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 27 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui tiga siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran Team Quiz keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia pada siswa kelas konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia VII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun 2010 dapat meningkat 80% dari 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2010 yaitu dari yang aktif menjawab pertanyaan, mengeluarkan pendapat dan memberikan sanggahan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 3 (11,11%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Team Quiz, siklus I meningkat menjadi 10 (37,30%), siklus II 15 (59,54%), siklus III 25 (92,60%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan ”Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Team Quiz dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia Pada Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun 2010” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011-001
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Team Quiz, Siklus, Tindakan, Keaktifan Siswa, Konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2011 04:06
Last Modified: 18 Apr 2011 07:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11514

Actions (login required)

View Item View Item