PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

HASTUTI, NOVA WIDYA (2011) PENERAPAN STRATEGI JIGSAW BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (389kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Jigsaw bervariasi. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan cara dalam setiap pembelajaran guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk menimbulkan keaktifan siswa. Akan tetapi penerapan strategi tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi jigsaw bervariasi. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 33 siswa. Teknik pe ngumpulan data menggunakan metode observasi langsung dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan ada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri dari yang aktif bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan strategi jigsaw bervariasi siswa yang aktif dalam materi hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebanyak 7 (31,31%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkanstrategi jigsaw bervariasi, siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 13 (39,39%) siswa dan siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 27 (81,81%) siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan Penerapan Strategi Jigsaw Bervariasi dapat Meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia Pada Siswa Kelas X-7 SMA Negeri 3 Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011-005
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Keaktifan Siswa, Hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Apr 2011 06:05
Last Modified: 18 Apr 2011 07:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11511

Actions (login required)

View Item View Item