PENGARUH PARTISIPASI DALAM PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJER PERUSAHAAN MANUFAKTUR SE KARESIDENAN SURAKARTA (Survey Pada Perusahaan Manufaktur Se Karesidenan Surakarta)

Hidayat , Heru Singgang (2006) PENGARUH PARTISIPASI DALAM PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJER PERUSAHAAN MANUFAKTUR SE KARESIDENAN SURAKARTA (Survey Pada Perusahaan Manufaktur Se Karesidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRA_KUESIONER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)

Abstract

Partisipasi dalam penyusunan anggaran merupakan pendekatan manajerial yang dapat meningkatkan kinerja setiap anggota. Partisipasi merupakan teknik manajemen yang efektif, karena para manajer dapat menerima dan melaksanakan secara penuh tanggung jawab atas anggaran yang telah disusun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi dalam penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial pada Perusahaan Manufaktur se Karesidenan Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah manajer menengah pada Perusahaan Manufaktur se Karesidenan Surakarta. Sampel penelitian ini adalah manajer menengah pada dua puluh sembilan Perusahaan Manufaktur se Karesidenan Surakarta yaitu 40 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik Nonprobability Sampling cara Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian partisipasi dalam penyusunan anggaran dan kinerja manajerial menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi sederhana yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 56,822 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Hasil analisis memperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,589, hal ini menunjukkan bahwa sekitar 58,9% variasi dari kinerja manajerial dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel partisipasi dalam penyusunan anggaran. Sedangkan sisanya sekitar 41,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Dalam Penyusunan Anggaran Dan Kinerja Manajerial
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 05:33
Last Modified: 14 Apr 2011 05:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11504

Actions (login required)

View Item View Item