ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP BETA SAHAM PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE TAHUN 2004-2005

ATIQOH, WULANDARI HENRI (2007) ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP BETA SAHAM PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE TAHUN 2004-2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris bahwa faktor Current Ratio (CR), Debt Equity Ratio (DER), Return On Investment (ROI) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh terhadap Resiko Sistematik (BETA). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta yang dipilih berdasarkan Purposive Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 61 buah. Periode yang digunakan untuk menilai rasio keuangan sebagai variabel bebasnya adalah kinerja keuangan pada tahun 2004, sedangkan untuk variabel terikatnya yaitu BETA digunakan periode tahun 2005. Alat analisis yang digunakan adalah Uji Regresi Berganda yang didahului dengan Uji Asumsi Klasik yang terdiri Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Autokorelasi, Uji Heterokedastisitas. Pengujian hipotesa dilakukan dengan menggunakan Uji F dan Uji T. Hasil pengujian secara simultan atau Uji F menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan dari variabel CR, DER, ROI dan ROE terhadap BETA. Ketidaksignifkan ini terlihat dari F hitung sebesar 2.639 dan signifikansi sebesar 0,045. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel ROI dan ROE berpengaruh secara signifikan terhadap BETA perusahaan dengan nilai t hitung masing-masing –2,745 signifikansi 0,008 dan 3,167 dengan signifikansi 0,003. Hasil pengujian secara parsial untuk variabel CR dan DER menunjukkan variabel CR dan DER tidak berpengaruh secara signifikan terhadap BETA perusahaan dengan nilai t hitung masing-masing 1,424 signifikansi 0,161 dan -0,842 dengan signifikansi 0,404. Nilai Koefisien Determinasi Majemuk yang dihasilkan sebesar 10,8% menunjukkan nilai relatif kecil, berarti pemilihan variabel-variabel bebas kurang representatif. Untuk ke depan perlu dilakukan pengujian dengan memperhatikan proporsi dan komposisi rasio keuangannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio, Debt Equity Ratio, Return On Investment, Return On Equity, Resiko Sistematik (BETA)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 04:41
Last Modified: 14 Apr 2011 04:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11491

Actions (login required)

View Item View Item