ANALISIS KANDUNGAN INFORMASI LAPORAN ARUS KAS TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta)

RAHMAWATI , INTAN (2007) ANALISIS KANDUNGAN INFORMASI LAPORAN ARUS KAS TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Cover.pdf

Download (423kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)

Abstract

Tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja dan arus kas perusahaan yang bermanfaat bagi para pemakai laporan keuangan dalam rangka membuat keputusan-keputusan ekonomi. Berdasrkan PSAK laporan keuangan yang lengkap terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan, laporan arus kas dan catatan-catatan atas laporan keuangan. Di Indonesia pengungkapan laporan arus kas baru diwajibkan setelah dikeluarkannya SAK tanggal 7 September 1994 oleh IAI dan berlaku mulai 1 Januari 1995. Laporan arus kas dikatakan mempunyai kandungan informasi apabila disertaknnya laporan arus kas dalam laporan keuangan, akan menyebabkan para investor bereaksi untuk melakukan penjualan atau pembelian saham. Selanjutnya reaksi tersebut akan tercermin dalam perubahan return saham diseputar tanggal publikasi laporan keuangan sesuai dengan kategori good news atau bad news. Kategori good news yaitu apabila terjadi perubahan positif dari laporan arus kas sedangakan bad news yaitu apabila terjadi perubahan negatif dari laporan arus kas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan informasi laporan arus kas. Penelitian ini menggunakan event study, dimana dilakukan pengamatan terhadap return saham 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah tanggal publikasi laporan keuangan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Jakarta. Sample keseluruhan yang diambil adalah 161 perusahaan dari tahun 2002-2004. Dengan kriteria untuk kategori good news sebanyak 85 perusahaan sedangkan kategori bad news sebanyak 76 perusahaan. Model yang digunakan dalam menentukan return estimasi adalah market model. Dari hasil analisis data didapatkan nilai p-value > 0,05 yaitu 0,964 untuk arus kas kategori good news dan p-value > 0,05 yaitu 0,877 untuk arus kas kategori bad news. Sehingga hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa publikasi laporan arus kas tidak signifikan berpengaruh terhadap return saham baik laporan arus kas tersebut dalam kondisi good news maupun bad news. Ini berarti bahwa laporan arus kas tidak memeiliki kandungan informasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: event study, arus kas, good news, bad news, return saham.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2011 04:37
Last Modified: 14 Apr 2011 04:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11490

Actions (login required)

View Item View Item