PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010

SUMARNO, DIDIK (2011) PENGARUH POLA BELAJAR DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 JUMAPOLO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._COVER_+_BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Full Text)
SKRIPSI_TOTAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh positif pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 2) Pengaruh positif frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. 3) Pengaruh positif pola belajar dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA N 1 Jumapolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA N 1 Jumapolo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI SMA N 1 Jumapolo Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 160 siswa. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif dan signifikan pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,809 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,504 > 2,026 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan pola belajar siswa dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Jumapolo tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,410 > 3,252 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4. Variabel pola belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 53,4% dan sumbangan efektif 25,9%. Variabel frekuensi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 46,6% dan sumbangan efektif 22,6%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel pola belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar ekonomi dibandingkan variabel frekuensi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pola belajar, frekuensi belajar dan prestasi belajar ekonomi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Apr 2011 06:35
Last Modified: 12 Apr 2011 06:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11435

Actions (login required)

View Item View Item