ANALISIS PERBANDINGAN RETURN SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN DIVIDEN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ)

RATRIANA, AGUSTIN (2007) ANALISIS PERBANDINGAN RETURN SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN DIVIDEN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEJ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris dari perbandingan return saham sebelum dan sesudah pengumuman dividen pada perusahaan manufaktur di BEJ. Ada atau tidaknya perbedaan dapat dilihat dari rata-rata return saham sebelum dan sesudah pengumuman dividen. Teknik uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji untuk menguji normalitas data dan uji peringkat bertanda untuk menguji hipotesis. Dari 147 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ tahun 2004, diambil sampel 53 perusahaan manufaktur yang mengumumkan dividen serta memenuhi kriteria sebagai sampel. Sebagai alat bantu analisis yang dipandang tepat dalam penelitian ini adalah dan Berdasarkan analisis data mengenai perbedaan antara rata-rata return saham sebelum dan sesudah pengumuman dividen pada tanggal publikasi 1 Januari – 31 Desember 2004 pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ dapat diambil simpulan bahwa tidak terdapat perbedaan antara rata-rata return saham lima hari sebelum tanggal pengumuman dividen dengan rata-rata return saham lima hari setelah tanggal pengumuman dividen. Simpulan ini didasarkan hasil perolehan nilai Zhitung (-1,415) yang lebih kecil dari Ztabel (1,96) dan nilai signifikansinya sebesar 0,157 lebih besar dari tingkat kepercayaan 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: dividen, return saham
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2011 06:15
Last Modified: 12 Apr 2011 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11432

Actions (login required)

View Item View Item