WIBOWO, HARI (2011) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 BATURETNO TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (420kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (209kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang positif kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akuntansi 2) pengaruh yang positif kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akuntansi 3) pengaruh yang positif kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Baturetno. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baturetno tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 179. Sampel diambil sebanyak 45 orang siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kecerdasan emosional pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,627 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,368 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002. 3) Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri I Baturetno tahun ajaran 2009/2010. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 14,699 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 21,9%. Variabel kecerdasan spiritual memberikan sumbangan efektif 19,3%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel kecerdasan spiritual.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan prestasi belajar akuntansi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Apr 2011 05:01 |
Last Modified: | 12 Apr 2011 05:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11421 |
Actions (login required)
View Item |