PENGARUH FAKTOR PERSONALITY TERHADAPKEAHLIAN DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER (Survey Pada Karyawan Administratif Universitas Muhammadiyah Surakarta)

ASTUTI, ANNA TRI (2007) PENGARUH FAKTOR PERSONALITY TERHADAPKEAHLIAN DALAM MENGGUNAKAN KOMPUTER (Survey Pada Karyawan Administratif Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman_Depan.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
Bab_1.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (FULL TEXT)
bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)

Abstract

Komputer merupakan perangkat pemrosesan informasi dan merupakan sumber daya yang dimanfaatkan oleh para profesional dalam organisasi. Namun rasa khawaatir dan takut dalam menggunakan komputer atau ilmu yang berhubungan dengan matematika, serta keyakinan dan rasa senang menggunakan komputer dapat mempengaruhi kemampuan pemakai komputer. Untuk itu perlu diketahui apakah aspek personality (computer anxiety, computer attitudes, dan math anxiety) memiliki pengaruh terhadap keahlian karyawan dalam mengunakan komputer (computer self efficacy). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aspek personality (computer anxiety, computer attitudes, dan math anxiety) terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan komputer. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi penelitian ini adalah karyawan administratif di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sampel yang diambil adalah 40 orang karyawan yang selalu menggunakan komputer dalam melaksanakan pekerjaannya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan lima alternatif jawaban dari sangat setuju hingga sangat tidak setuju. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi, dan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek personality (computer anxiety, computer attitudes, dan math anxiety) berpengaruh terhadap keahlian karyawan dalam menggunakan komputer. Hasil analisis regresi memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (28,003 > 2,92) diterima pada taraf signifikansi 5% dan hipotesis diterima. Aspek computer anxiety berpengaruh negatif terhadap computer self efficacy yang menunjukkan bahwa semakin takut seorang karyawan dalam menggunakan alat bantu komputer, maka semakin rendah keahlian karyawan tersebut dalam menggunakan komputer. Aspek computer attitudes berpengaruh positif terhadap computer self efficacy. Hal ini menunjukkan bahwa semakin positif sikap dan rasa senang karyawan menggunakan alat bantu komputer, maka semakin tinggi keahlian karyawan dalam menggunakan komputer. Aspek math anxiety berpengaruh negatif terhadap computer self efficacy yang menunjukkan bahwa semakin takut seorang karyawan terhadap matematika, maka semakin rendah keahlian karyawan tersebut dalam menggunakan komputer.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: computer anxiety, computer attitudes, math anxiety.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 May 2011 04:35
Last Modified: 11 May 2011 04:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11411

Actions (login required)

View Item View Item