PENGARUH PENGUMUMAN MERGER DAN AKUISISI TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM PERUSAHAAN AKUISITOR DI BURSA EFEK JAKARTA ( Study Empiris di Bursa Efek Jakarta Periode 2000-2004 )

Wurdyastomo, Ary (2007) PENGARUH PENGUMUMAN MERGER DAN AKUISISI TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM PERUSAHAAN AKUISITOR DI BURSA EFEK JAKARTA ( Study Empiris di Bursa Efek Jakarta Periode 2000-2004 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Judul)
hal_judul.pdf

Download (554kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab1.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAK1.pdf

Download (14kB)
[img] PDF
Bab_K.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris reaksi pasar yang berupa abnormal return saham perusahaan akuisitor sebelum dan sesudah pengumuman merger dan akuisisi serta ada atau tidaknya kandungan informasi. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus perhatian adalah perusahaan akuisitor yang mempunyai reaksi pasar karena adanya pengumuman merger dan akuisisi yang diukur dengan membandingkan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman merger dan akuisisi. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan abnormal return saham sebelum dan sesudah pengumuman merger dan akuisisi. Pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh dimana seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini ada 30 perusahaan akuisitor yang listing serta melakukan pengumuman merger dan akuisisi dari tahun 2000-2004. Perhitungan abnormal return menggunakan market adjusted model. Pengujian prasyarat analisis untuk mengetahui normalitas data menggunakan uji normalitas dengan uji statistik Kolmogorov-Smirnov test. Alat uji yang digunakan untuk mengukur hipotesis menggunakan alat uji Paired sample t-test. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa semua data berdistribusi normal. Hal ini ditunjukkan dari besarnya Asymp. Sig sebelum pengumuman merger dan akuisisi sebesar 0,165 lebih besar dari α (0,05) sedangkan besarnya Asymp. Sig sesudah pengumuman merger dan akuisisi sebesar 0,791 lebih besar dari α (0,05). Hasil uji Paired sample t-test menunjukkan bahwa Ha ditolak. Hal ini ditunjukkan dari besarnya thitung (-0,291) terletak antara -2,045 ≤ thitung ≤ 2,045. Hal ini berarti bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman merger dan akuisisi. Dari hasil tersebut berarti tidak terdapat reaksi pasar sebelum dan sesudah pengumuman merger dan akuisisi yang diukur berdasarkan abnormal return perusahaan akuisitor dan tidak ada kandungan informasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Merger, Akuisisi, Abnormal Return.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 Apr 2011 08:54
Last Modified: 11 Apr 2011 10:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11400

Actions (login required)

View Item View Item