EARNING MANAGEMENT DALAM PENAWARAN SAHAM PERDANA (IPO) PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi Empiris Periode 2001-2004)

Agusetyani, Ikha (2007) EARNING MANAGEMENT DALAM PENAWARAN SAHAM PERDANA (IPO) PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi Empiris Periode 2001-2004). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_23.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_45.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris adanya manajemen laba (earning management) pada perusahaan go pubic di Bursa Efek Jakarta. Dalam kaitan dengan Initial Public Offering (IPO) manajemen berupaya memperbaiki kinerja perusahaan agar penawaran saham dapat direspon positif oleh investor di pasar oleh karena itu pendeteksian terhadap indikasi earning management pada laporan keuangan menjadi perlu untuk dilakukan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 31 perusahaan yang terdaftar di BEJ yang melakukan listing pada periode tahun 2001-2004. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis earning management menggunakan perhitungan total accruals (TAC) , descretionary accruals (DAC) dan pengujian hipotesis menggunakan Alat-alat statistik yang digunakan adalah uji normalitas, dan uji wilcoxon yaitu data tidak berdistribusi normal. Hasil pengujian menunjukkan bahwa : (1). Tidak terdapat perbedaan earning management dalam penawaran saham perdana pada saat dan sebelum go public atau bukti earning management masih rendah. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa pada periode sebelum IPO (T-2 dan T-1), rata-rata hanya 38,7% perusahaan yang melakukan earning managemet. Sedangkan pada saat IPO (T-1 dan T), terdapat 41,9% perusahaan yang melakukan earning management. (2). Tidak terdapat perbedaan earning management dalam penawaran saham perdana pada saat dan sebelum go public. Hasil uji Wilcoxon memperoleh Z hitung < Z tabel (0,549 < 1,96) dengan p > 0,05. Artinya perusahaan tidak terdapat perbedaan earning management dalam penawaran saham perdana pada saat dan sebelum go public.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: earning management, Initial Public Offering (IPO)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2011 08:28
Last Modified: 20 Nov 2019 01:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11397

Actions (login required)

View Item View Item