Upaya Pendidikan Karakter Siswa Melalui Metode Pembiasaan Di Sma Muhammadiyah 1 Karanganyar

Muhtar, Muhammad Zakky and , Dr. Triono Ali Mustofa,S.Pd.,M.Pd.I (2023) Upaya Pendidikan Karakter Siswa Melalui Metode Pembiasaan Di Sma Muhammadiyah 1 Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
UPLOAD PErpus.pdf

Download (232kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (570kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia cenderung fokus pada potensi otak kiri (kognitif) sedangkan perkembangan otak kanan (emosi, empati, dan keinginan) seringkali diabaikan, bahkan dilupakan. Pendidikan seharusnya tidak hanya fokus pada mencetak insan-insan intelektual, tetapi juga berfokus pada moral. Oleh karena itu, pengembangan kepribadian individu harus dibentuk, dan diperkuat. Sehingga tidak hanya menghasilkan siswa yang berilmu saja, tetapi juga mampu mengembangkan sikap dan karakter positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian tentang upaya pendidikan karakter siswa melalui metode pembiasaan di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar di atas, peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut:1) Latar belakang diadakannya metode pembiasaan ini adalah dalam penyelenggaraannya di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar pembiasaan menjadi salah satu metode agar menciptakan budaya sekolah yang sesuai dengan visi dan misi sekolah.; 2) Terdapat 4 bentuk pembiasaan di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, kegiatan-kegiatan pembiasaan tersebut dapat dikategorikan menjadi 4 jenis kegiatan, yaitu kegiatan religius, disiplin, peduli lingkungan, dan peduli sosial.; 3) Dampak metode pembiasaan terhadap karakter siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar adalah dari segi religius, dari sisi disiplin, dari sisi kepedulian lingkungan, dan dari sisi kepedulian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Pendidikan Karakter, Pembiasaan.
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islamic > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: MUHAMMAD ZAKKY MUHTAR
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:29
Last Modified: 26 Jul 2023 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/113909

Actions (login required)

View Item View Item