PENGARUH VARIABEL KEUANGAN TERHADAP HARGA PASAR SAHAM PERUSAHAAN SESUDAH PENAWARAN UMUM PERDANA (IPO) (Study Empiris di Bursa Efek Jakarta Periode 2000-2004)

Ferawati , Titin (2007) PENGARUH VARIABEL KEUANGAN TERHADAP HARGA PASAR SAHAM PERUSAHAAN SESUDAH PENAWARAN UMUM PERDANA (IPO) (Study Empiris di Bursa Efek Jakarta Periode 2000-2004). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh variabel–variabel keuangan yang diungkapkan dalam prospektus. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus perhatian adalah variabel-variabel keuangan yang berpengaruh terhadap harga pasar saham perusahaan yang melakukan penawaran perdana. Hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut : 1)ROE tidak berpengaruh terhadap harga saham, 2)Tingkat Pertumbuhan Laba (NIG) tidak berpengaruh terhadap harga saham, 3)DER tidak berpengaruh terhadap harga saham, 4)Proyeksi PER tidak berpengaruh terhadap harga saham, 5)variabel- variabel keuangan secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap harga saham. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode purposive sampling dari 92 perusahaan yang listing dan melakukan IPO di BEJ dari tahun 2000-2004. Dalam penelitian ini yang digunakan sampel perusahaan yang melakukan IPO dan sahamnya aktif jika frekuensi perdagangan selama tiga bulan sebanyak 75 kali atau lebih sesuai dengan surat edaran PT. BEJ No. SE-03/BEJ- II-I/I01004 sebanyak 32 namun ada satu perusahaan yang tidak lengkap datanya dan satu data yang outlier sehingga sampel yang digunakan hanya 30 perusahaan. Pengujian normalitas mengunakan uji statistik kolmogorov-smirnovos test, pengujian autokorelasi menggunakan uji durbin-watson, pengujian multikolinieritas dengan melihat tolerance value dan variance inflation factor. Pengujian heteroskedastisitas menggunakan glejser test. Pengujian hipotesis pertama sampai dengan hipotesis keempat mengunakan uji t dan pengujian hipotesis kelima menggunakan uji f serta untuk menguji ketepatan perkiraan model menggunakan nilai R-square. Hasil dari uji menunjukkan ada satu data yang mengandung outlier sehingga dikeluarkan dari pengujian. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa semua data berdistribusi normal dan tidak terjadi autokorelasi, multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Hasil uji t menunjukkan bahwa hipotesis ketiga DER pada hari pertama sampai dengan hari ketiga berpengaruh terhadap harga pasar saham dan hipotesis keempat proyeksi PER berpengaruh terhadap harga saham. Hasil uji F menyatakan bahwa secara bersama-sama variabel ROE, NIG, DER, proyeksi PER berpengaruh terhadap harga pasar saham. Uji R-square menyatakan hanya 34%-49% variansi harga saham dijelaskan oleh variansi perubahan faktor- faktor ROE, NIG, DER, proyeksi PER.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2011 05:09
Last Modified: 09 Apr 2011 10:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11375

Actions (login required)

View Item View Item