PENGARUH KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DAN PENGANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP PENINGKATAN KINERJA MANAJERIAL DAN KEPUASAN KERJA (Survey Pada Perusahaan Kontraktor Di Surabaya)

ASTARI , DEVITA DWI (2007) PENGARUH KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DAN PENGANGGARAN PARTISIPATIF TERHADAP PENINGKATAN KINERJA MANAJERIAL DAN KEPUASAN KERJA (Survey Pada Perusahaan Kontraktor Di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)

Abstract

Manajer perlu meningkatkan kemampuan untuk mengantisipasi lingkungan bisnis yang tidak pasti. Selain itu peningkatan partisipasi dalam penyusunan anggaran merupakan teknik manajemen yang efektif untuk melibatkan manajer dalam melaksanakan secara penuh tanggung jawab atas anggaran yang telah disusun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi dalam penyusunan anggaran dan ketidakpastian lingkungan terhadap kinerja manajer dan kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan metode survai dengan menggunakan data primer dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah manajer menengah pada perusahaan kontraktor di Surabaya. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 55 manajer menengah yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil pengumpulan data diuji kualitasnya dengan uji validitas dan uji reliabilitas dengan teknik korelasi product moment dan cronbach’s alpha. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, uji R2 , uji F, uji t, dan disertai dengan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Nilai koefisien variabel ketidakpastian lingkungan bernilai positif sebesar 0,307 dan signifikan dengan nilai t = 2,888 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H1 diterima. Artinya ketidakpastian lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial. (2) Nilai koefisien variabel penganggaran partisipatif bernilai positif sebesar 0,371 dan signifikan dengan nilai t = 4,235 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H2 diterima. Artinya penganggaran partisipatif berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial. (3) Nilai koefisien variabel ketidakpastian lingkungan bernilai positif sebesar 0,955 dengan nilai t = 7,993 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H3 diterima. (4) Nilai koefisien variabel penganggaran partisipatif bernilai positif sebesar 0,585 dengan nilai t = 5,945 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H4 diterima. Artinya penganggaran partisipatif berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketidakpastian Lingkungan, Partisipasi dalam Penyusunan Anggaran, Kinerja Manajerial, Kepuasan Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2011 05:00
Last Modified: 09 Apr 2011 10:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11374

Actions (login required)

View Item View Item